Hankam

Pangdam I/BB: Pleton PRCPB Siapkan Kodam I/BB Bantu Penanggulangan Bencana

Matabangsa-Medan: Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah menghadiri Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana tahun 2020 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara yang di gelar hari ini di lapangan KS Tubun Mapoldasu Rabu, 15/1/2020

Pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB menyampaikan, merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan bagi saya dapat bertatap muka dengan hadirin dan tamu undangan sekalian di Mapolda Sumut, semoga kebersamaan kita hari ini menjadi representasi kokohnya soliditas dan sinergitas TNI-POLRI dan pemerintah daerah provinsi sumatera utara.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, di wilayah indonesia banyak terjadi bencana alam, yang diakibatkan oleh bencana tsunami, erupsi gunung berapi, tanah longsor, banjir, gempa bumi, angin topan, kebakaran hutan dan lahan serta beberapa bencana alam lainnya.

Mencermati banyaknya bencana alam yang terjadi di wilayah Kodam I/Bukit Barisan, khususnya sumatera utara, tentunya merupakan ancaman nyata, karena yang menjadi korban adalah masyarakat, warga negara indonesia, ujar Pangdam.

Pangdam juga menambahkan, di samping itu dampak dari bencana alam tersebut telah banyak menimbulkan kerugian fisik dan non fisik, harta benda serta sarana dan prasarana pemerintah yang dapat mempengaruhi situasi dan kondisi wilayah dan nasional, terutama berpengaruh kepada sektor keamanan dan ketertiban masyarakat, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan kondisi sosial budaya masyarakat.

Baca Juga :   Pangdam I/BB Siap Bantu Pengamanan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia

Untuk itu, Pemerintah pusat, Pemerintah daerah dan satuan jajaran TNI-POLRI perlu tanggap untuk menyikapi dengan cepat dan secara simultan menanggulangi dampak dari bencana alam tersebut, guna memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana alam, dengan melakukan tindakan pengungsian dan pemberian bantuan ke-manusiaan, sehingga situasi dan kondisi daerah bencana segera dapat berfungsi normal dan kondusif kembali, jelas Mayjen Fadhilah

Lebih lanjut Pangdam I/BB menyampaikan Kodam I/Bukit Barisan juga menyiapkan satuan peleton PRCPB di tiap-tiap satuan tempur maupun satuan bantuan tempur jajaran Kodam I/Bukit Barisan, yang memiliki kemampuan cepat tiba di lokasi bencana, dengan fokus utama membantu evakuasi korban dan memberikan pertolongan pertama, sampai dengan bantuan induk pasukan tiba.

Berkenaan dengan penanggulangan bencana alam, selaku Pangdam I/Bukit Barisan saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepolisian daerah sumatera utara, yang telah mempersiapkan personel dan peralatan dalam rangka penanggulangan bencana alam di wilayah sumatera utara.

Melalui apel kesiapsiagaan ini diharapkan dapat diketahui berbagai kekurangan maupun kendala yang mungkin akan dihadapi pada pelaksanaan penanggulangan bencana alam di wilayah sumatera utara, Dengan demikian diharapkan seluruh personel maupun peralatan yang akan digunakan dalam keadaan siap dioperasionalkan setiap saat, kata Pangdam.

Baca Juga :   Pangdam I/BB: Pertahankan Kebersamaan dan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Tampak hadir pada acara tersebut Pangdam I/BB, Kapolda Sumut, Wakil Gubernur Sumut, Pangkosekhanudnas III, Kajati Sumut, Danlanud Soewondo Medan, beberapa PJU Kodam I/BB dan PJU Poldasu.(avi/Pendam I/BB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top