Medan

Komisi II DPRD Medan Minta PT. IKAINDO Medan Patuhi Peraturan

Matabangsa-Medan: Komisi II DPRD Medan yang dipimpin Ketuanya H.Aulia Rachman SE, Wakil Ketua Sudari ST dan anggota  Modesta Marpaung, Surianto (Butong), Janses Simbolon didampingi staf komisi II melakukan kunjungan kerja ke PT.INKAINDO Jl.Kol.Yos Sudarso Medan, Senin (23/3/2020).

Kunjungan kerja ini diterima Kepala Operasional Produksi PT.IKAINDO T.Sitanggang. Dalam pertemuan ini Surianto mengatakan bahwa kedatangan komisi II DPRD Medan ini berdasarkan hasil aduan dari masyarakat di sekitar pabrik yang melapor bahwa udara dilingkungan mereka ini tidak sehat.

“Pertemuan ini untuk mencari solusi atas pengaduan masyarakat yang mana limbah abu berwarna hitam menempel di rumah dan pekarangan mereka,” jelasnya

Selain itu Sudari juga menambahkan bahwa perusahaan ini kurang peduli dengan lingkungan sekitar. Dimana keluhan masyarakat sering diabaiakan, mulai dari keluhan pencemaran udara dan limbah cairnya.

“Kalau di lihat dari laporan UKL / UPL, limbah cair parameter yang di test tidak sesuai dengan Permen LH, dan ketika ditanya tentang Sertifikat Layak Operasi (SLO) untuk Boiler nya pihak pabrik tidak faham sementara hal ini berkaitan dengan keselamatan para pekerja,” ucapnya

Baca Juga :   Indikasi Manipulasi Pajak, DPRD Medan Tegaskan Usaha Hiburan Holywing Bar Supaya Ditutup

Tanggapan dari Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili Sataf Bidang Pencemaran Dan Lingkungan Ramdansah menjelaskan bahwa limbah cair pihak IKAINDO ini sudah tes dan memenuhi stadrisasi yang dikeluarkan pemerintah.

Aulia Rahcman juga meminta pihak perusahaan untuk melengkapi standart keselamatan kerja bagi para buruh yang bekerja. ” Saya melihat langsung buruh pengisian karbonik di pabrik ini tidak memakai masker dan sarung tangan, sehingga rentan kepada kesehatan mereka,” jelasnya

Untuk itu, tambah Aulia, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan Kota Medan untuk mengawasi dan menindak perusahaan ini apabila memang melanggar ketentuan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Medan.

Sementara itu Janses Simbolon menilai bahwa pihak IKAINDO kurang koperatif dengan kedatangan Anggota DPRD Medan Komisi II ini. ” Seharusnya mereka mempersilahkan kami menunggu diruangan yang ada di dalam gedung, tapi kenyataannya komisi II ini disuruh menunggu di lokasi parkiran mobil dalam kondisi cuaca yang panas,” terangnya.

Diakhir pertemuan, karena pihak IKAINDO dinilai kurang mau kerjasama, untuk itu Ketua Komisi II Aulia Rahcman akan membawa permasalahan ini ke GAKKUM.(dave)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top