Teknologi

Cara Cek Alexa Rank

Matabangsa-Medan: Untuk sekedar melihat peringkat Alexa website, anda tidak perlu menginstall extensions alexa toolbar. Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Alexa di https://alexa.com/siteinfo

Pertama, Anda hanya tinggal memasukkan nama domain website yang ingin Anda check. Kemudian klik Find.

Selanjutnya Alexa akan menganalisa website Anda berdasarkan statistif traffic website, kepopuleran situs secara global (Global rank), audience geography dimana sebuah web mendapat traffic, engagement website seperti bounce rate, pageviews per hari, daily time on site, link ke situs, berapa banyak outbound link.

Untuk alexa pro atau subscribe anda perlu membayar untuk mendapatkan fitur lebih seperti site audit, organic site keyword, paid keyword research, competitor keyword metrics, competitor backlink checker, keyword dificulty, onpage seo checker. Competitive analysys tools seperti site overviews, comparison, linkink in, keyword, top site dan certified alexa rank your site.

Setelah memasukkan domain, Anda akan melihat halaman hasil yang berisikan data detail tentang website Anda.

Hal pertama yang akan Anda lihat adalah beberapa domain kompetitor yang memiliki kemiripan dari sisi kata kunci, konten dan pengunjung dengan website Anda.

Baca Juga :   Mengenal Alexa Internet Penyedia Data Traffic dan Rangking Situs Web Secara Global

Kemudian ada rounded chart yang menunjukkan overview keyword oportunities breakdown yang didalamnya berisi jumlah keyword yang mudah untuk dinaikkan posisi SERP nya kemudian jumlah keyword gaps yaitu keyword yang menghasilkan traffic untuk website kompetitor namun tidak di situs Anda, kemudian jumlah keyword yang memungkinkan dioptimasi dan dalam jangkauan kualitas metrix domain anda, serta terakhir jumlah buyer keyword yang bisa dijadikan referensi untuk kata kunci di Google Adword atau Bing Ads.

Selanjutnya kita menemukan menu comparison metrix berisi komparasi jumlah traffic dari search engine. Di kolom ketiga kita melihat menu similar site berdasarkan audience overlap dan ada overlap score yang menunjukkan tingkat audiensi yang relatif mirip antara situs ini dan situs serupa. Skor overlap audiens dihitung dari analisis pengunjung umum dan kata kunci pencarian.

Situs dengan skor lebih tinggi menunjukkan jumlah pemirsa yang overlapnya lebih tinggi dari situs dengan skor lebih rendah. Dihitung dari skala 100, semakin dekat ke score 100 semakin sengit kompetisinya dengan website Anda. Semakin rendah score overlapnya semakin aman untuk website Anda.

Baca Juga :   Manfaat dan Tingkatkan Alexa Rank

Selanjutnya anda akan menemukan data inti dari alexa site info ini yaitu Alexa Rank yang dihitung berdasarkan data 90 hari terakhir.

Alexa juga memberikan data rinci mengenai bounce rate rasio website yang diuji dan juga bounce rate rasio website kompetitor.

Scroll ke bawah bisa dilihat data site linking in yang menunjukkan jumlah backlink domain yang mengarah ke website kita.

Di bagian kiri bisa dilihat juga top keyword berdasarkan jumlah traffic ke website. Kita bisa mendapatkan data persentase search traffic dan juga share of voice di Alexa Site Info ini.

Di bagian bawah Anda akan menemukan infografis yang lebih mudah dibaca mengenai alexa rank global, regional, dan audience geography darimana traffic berasal.

Berdasarkan Audience Geography didapat data berapa persen pengunjung berasal dari seluruh dunia.

Terakhir di bagian paling bawah Anda akan menemukan data site metrix website.

Dari data ini dapat dilihat engangement website di bulan itu berapa hari dengan durasi kunjungan dan angka bounce rate berapa persen.  Jumlah backlink yang terhubung ke website berapa domain website.

Baca Juga :   Apakah Itu Alexa Certified Site Metrics ?

Demikian pembahasan mengenai cara mengetahui peringkat Alexa dan cara baca data nya.(das)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top