Sumut

Puncak HUT ke-49 Korpri, Sekdaprovsu Berpesan Tingkatkan Semangat Kontibusi Negara

Korpri
Foto: Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina mengikuti Peringatan HUT ke-49 Korpri secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41 Medan, Minggu (29/11/2020). (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut / Imam Syahputra).

Matabangsa.com – Medan: Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sumut R Sabrina bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumut mengikuti Doa Bersama untuk Bangsa dalam rangka Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Korpri Nasional Tahun 2020, Minggu (29/11), secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Saat ditemui usai mengikuti acara, Sabrina menyampaikan ada yang berbeda dalam peringatan HUT Korpri tahun ini, lantaran situasi pandemi Covid-19. Namun hal ini jangan sampai menjadi penghambat atau mengurangi makna. Sebaliknya, semangat pengabdian dan kontribusi anggota Korpri terhadap negara harus senantiasa ditingkatkan.

“Tadi kita sudah mendengarkan bersama beberapa arahan dari Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, begitu pula dari Bapak Presiden selaku Pembina Korpri. Di antaranya anggota Korpri harus berperan aktif dalam berbagai situasi apapun. Seperti tema HUT tahun ini yakni Berkontribusi, Melayani, Mempersatukan Bangsa, ini wajib dilakukan anggota korpri di mana pun dalam situasi apapun,” ujar Sabrina.

Misalnya, disebutkan Sabrina, yakni pandemi saat ini, serta Pilkada serentak pada Desember mendatang. Anggota Korpri diharapkan berperan mendukung dan melancarkan semua tahapan Pilkada, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih dan yang paling penting adalah bersikap netral.

Baca Juga :   Viral Foto Jadul Jokowi & Sri Mulyani Dalam Seminar di Tengah Krisis Ekonomi 1998

“Terakhir, saya ingin mengajak seluruh anggota Korpri untuk menjadikan HUT Korpri ini sebagai momentum refleksi dan berdoa agar situasi-siatuasi sulit yang kita hadapi sekarang segera berakhir dan kita senantiasa diberikan perlindungan dan pertolongan oleh Allah SWT dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Sabrina.

Sebelumnya, secara virtual Presiden Republik Indonesia sekaligus Pembina Korpri Joko Widodo mengucapkan selamat atas Peringatan HUT ke-49 Korpri. Selama bertugas, Jokowi yakin, anggota Korpri banyak menemukan kesulitan dan keterbatasan. Namun hal tersebut diharapkan tidak menjadi penghalang untuk tetap bertugas dengan sigap dan cepat.

“Pandemi saat ini menjadi momentum untuk mengubah cara normal jadi ekstra normal, cara biasa jadi luar biasa dan prosedur yang panjang dan berbelit menjadi shortcut. Dengan memanfaatkan teknologi digital, pandemi memaksa sebagian besar birokrasi harus bekerja dari rumah. Momentum ini mempercepat transformasi digital, menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan terampil memanfaatkan teknologi. Ini merupakan salah satu peluang reformasi birokrasi dan reformasi struktural yang kita butuhkan,” jelas Jokowi.

Reformasi struktural, lanjut Jokowi, tidak bisa ditunda. Regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja harus dipangkas dan disederhanakan. Kelembagaan pemerintahan yang gemuk dan tumpang tindih harus segera diintegrasikan. Jenjang eselonisasi yang panjang harus dipangkas untuk mempercepat pengambilan keputusan. Begitu pula dengan SOP yang panjang dan kaku harus diubah jadi ringkas, fleksibel, dan berorientasi pada hasil.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Lantik Kepala BNN dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove

“Konsekuensinya, kompetensi SDM aparatur sipil negara harus menyesuaikan. Mindset goal oriented, adaptif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikan kesempatan pada yang terampil dan ahli meskipun masih junior, berpikir kreatif dan inovatif, pelayanan terbaik pada masyarakat. Anggota Korpri sebagai kebangsaan simpul pemersatu bangsa harus menjadi motor penggerak pembangunan, teladan dalam kehidupan bermasyarakat dan motor penggerak perubahan,” pesan Jokowi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrullah menambahkan bahwa HUT Korpri kali ini diselenggarakan tanpa upacara tetapi doa bersama. Hari ini sebanyak 4,2 juta ASN di seluruh Indonesia dari berbagai agama berdoa serentak untuk negara Indonesia yang lebih baik dan segera terbebas dari Covid-19.

Zudan menyampaikan ada beberapa tugas pengurus korpri yang harus segera diimplementasikan bersama pemerintah dalam rangka melakukan pembinaan dan pengembangan fungsi serta profesi ASN dalam memasuki era perubahan yang serba cepat. Di antaranya, wajib memberikan advokasi dan bantuan hukum untuk menjaga sistem merit dan memberikan perlindungan hukum bagi ASN yang menghadapi masalah saat menjalankan tugas.

Baca Juga :   Orasi di IAIN Tulungagung, Ketua DPD RI Sorot Darurat Akhlak & Adab

Selanjutnya, pengurus korpri wajib memberikan rekomendasi kepada majelis kode etik kepada majelis yang ada yang menangani kode etik di tiap-tiap tingkatan pemerintahan ketika menegakkan kode etik profesi dan kode perilaku profesi.

“Seluruh pengurus Korpri wajib mengimplementasikan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan ASN dan dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut ada pedoman-pedoman yang sudah ada yang perlu kita implementasikan dengan paripurna yakni Panca Prasetya Korpri, sumpah jabatan, sumpah janji ASN, doktrin yang kita miliki di Korpri yaitu Bhineka Karya Abdi Negara,” pesan Zudan.

Kegiatan peringatan HUT Korpri berpusat di Ballroom, Kantor BPJS Kesehatan Pusat Jakarta. Hadir baik secara langsung maupun virtual jajaran dewan pengurus Korpri Nasional, Menteri Kabinet Indonesia Maju dan seluruh pengurus dan anggota Korpri se-Indonesia.

Selain mengikuti Peringatan HUT Korpri secara virtual, selebrasi juga diadakan di lingkungan Pemprov Sumut yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan acara upa-upa. Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, perayaan kemudian dilajutkan dengan acara ramah-tamah dan makan bersama.(h16/dave)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top