Langkat

TP PKK Langkat Peringati Hari Ibu ke 92 Tahun 2020, di Dua Kecamatan

Matabangsa.com-Langkat: Setiap 22 Desember bangsa Indonesia turut memperingati Hari Ibu, di mulai setelah ditetapkan pada kongres perempuan pertama 22 sampai 25 Desember 1928 silam, di Yogyakarta tepatnya di Ndalem Joyodipuran.

Ketua TP PKK Langkat Tiorita Terbit Rencana PA juga turut memperingati Hari Ibu ke 92 tahun 2020 tingkat Kabupaten Langkat, pada Selasa 22 Desember 2020, bertempat di dua Kecamatan. Yakni Kecamatan Selesai berlokasi di halaman kantor Puskesmas Selesai dan Kecamatan Babalan bertempat di Panti Asuhan Darul Yatama.

Tiorita dikesempatan itu mengucapkan selamat hari ibu kepada semua perempuan di Langkat. Ia juga menjelaskan, peringatan hari ibu sebagai bukti, peran perempuan dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa tidak bisa dilepaskan.

“Artinya, kaum wanita juga memiliki andil dalam menentukan kemajuan bangsa,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Tiorita,  keberadaan beragam organisasi wanita,  juga bukti kaum perempuan memiliki beragam potensi, baik untuk kesejahteraan keluarga maupun untuk masyarakat.

“Jadi tugas utama kita saat ini,  memberikan contoh ketauladanan,  bagaimana seharusnya seorang ibu bersikap terhadap keluarga dan orang disekitar kita,”ujarnya.

Baca Juga :   Pemkab Langkat Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD 2022

“Penghormatan kita kepada ibu dan orang tua kita,  juga merupakan pengajaran terbaik kepada anak – anak kita. Sikap dan pelayanan kita akan membekas kepada anak – anak kita,” tambahnya.

Sebab itu lah, Tiorita sangat berharap, kaum perempuan Langkat dapat menjalankan fungsi sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab,  tidak saja kepada keluarganya tapi juga kepada lingkungannnya dan lebih luas kepada bangsa dan negara.

Sembari mengajak kepada masyarakat untuk selalu menggalakan gerakan 3M, yakni selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ini,  di awali di Kecamatan selesai dengan kegiatan Rapid Test Gratis untuk kaum perempuan, di ikuti para pengurus Tim Penggerak PKK dan para peserta lainnya.

Usai dari Kecamatan Selesai dilanjutkan menuju Kecamatan Babalan. Ditengah perjalanan, langkah ketua PKK Langkat bersama rombongan terhenti, karena melihat seorang Ibu yang berjualan jamu dengan menggunakan sepeda dayung. Lalu ketua PKK Langkat memberikan Bunga yang sudah dirangkai dengan pecahan uang kertas dan bahan sembako.

Baca Juga :   Jokowi Serahkan 20 Ribu Sertifikat Tanah di Sumatera Utara

Sesampai di Babalan, acara dimulai dengan pemotongan kue dengan hiasan logo TP PKK Langkat.

Pada kegiatan itu, Tiorita menyerahkan bantuan dengan dana pribadinya untuk pengurus Yayasan Panti Asuhan Darul Yatama yang bisa dipergunakan untuk keperluan pendidikan.

Kemudian acara dilanjutkan, penyerahan hadiah kepada para santri pemenang lomba dalam rangka peringatan hari ibu tahun 2020 ini, seperti lomba pembacaan surat ayat pendek, lomba baca puisi, lomba pidato, lomba tilawah, kaligrafi dan lomba mewarnai,  yang semua hadiahnya merupakan sumbangan pribadi ketua TP PKK Langkat. Hadiah juga diberikan kepada peserta lomba yang tidak berhasil menang.

Selain itu, Tiorita juga memberikan kuis, kepada para santri yang bisa menyanyikan lagu bunda, dengan hadiah Rp1 juta.

Kemudian acara diakhiri dengan pemberikan surprise kepada seorang ibu pedagang bakso bakar yang berada tak jauh dari lokasi acara peringatan hari Ibu di Kecamatan Babalan.(yan/wisnu)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top