Sumut

Sekdaprovsu Serahkan SK Pengangkatan 289 CPNS Pemprov Sumut

CPNS
Foto: Sekdaprov Sumut R Sabrina menyerahkan secara simbolis SK Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemprov Sumut Tahun Formasi 2019 di Aula Gedung Bina Graha, Jalan Diponegoro No. 21A, Medan, Kamis (14/1/2021). (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).

Matabangsa.com- Medan: Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan untuk 289 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus pada formasi 2019 di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, di Aula Bina Graha Medan, Kamis (14/1). Para calon aparatur tersebut diminta untuk konsekuen dalam menjalankan tugas sesuai penempatan.

“Perencanaan kebutuhan pegawai merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses manajemen sumber daya manusia (SDM) aparatur. Melalui perencanaan yang rasional dan sistematis dengan metode analisis jabatan dan perhitungan beban kerja, diharapkan mendapat jumlah dan kualitas PNS yang dibutuhkan perangkat daerah,” jelas Sabrina di hadapan para CPNS dan pimpinan OPD penerima pegawai.

Untuk memperoleh kualitas SDM sesuai kebutuhan tersebut, proses pengadaan PNS kemudian harus menerapkan prinsip transparan, objektif, rasional, tidak diskriminatif, akuntabel serta bebas dari KKN. Karena itu, sistem pengawasan dan pengendalian yang efisien dan efektif harus berjalan, sejalan dengan rangkaian seleksi yakni administrasi, kompetensi dasar dan kompetensi bidang.

Baca Juga :   Jenderal Andika: Kami All Out Dukung Pertanian

“Selanjutnya pengumuman hasil seleksi akhir seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang (SKD dan SKB) dilakukan pada 27 Oktober 2020. Akhirnya saudara ditetapkan menjadi CPNS sesuai SK Gubernur,” jelasnya.

Dari seleksi tersebut, lanjut Sabrina, ada 14.546 orang yang mengikuti prosesnya, dan dinyatakan lulus sebanyak 289 orang. Sehingga penyaringan yang dilakukan cukup ketat dan diharapkan menghasilkan para CPNS yang mumpuni serta berintegritas.

“Kepada anak-anak saya para CPNS, kalau sudah diterima jadi PNS jangan sibuk untuk minta pindah. Konsekuen lah dimana kita mendaftar dan harus siap ditempatkan di mana saja. Jadi penempatan itu adalah hak pimpinan, termasuk mutasi,” tambah Sabrina.

Selain itu, Sabrina juga berpesan kepada para CPNS untuk bekerja dengan baik, jujur, serta rajin. Jika banyak yang terlihat kurang produktif, ditekankannya agar tetap fokus pada pekerjaan yang ditugaskan.

“Tunjukkanlah kinerja dan tetaplah tekun bekerja. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa saudara memang pantas menerima amanah ini sebagai abdi masyarakat. Kerahkan segenap kemampuan dalam pelaksanaan pengabdian sesuai bidang tugas di lingkungan perangkat daerah masing-masing, sebagai agent of change, tunjukkan kreativitas inovasi dan integritas ,”  katanya.(h13/dave)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

To Top