Nias

Wakil Walikota Gunungsitoli Tertibkan Kios Pedagang Pasar Beringin

Pasar Beringin

Matabangsa.com-Gunungsitoli: Pasar Beringin merupakan salah satu tempat pusat perdagangan yang ada di Kota Gunungsitoli. Pasar ini khusus tempat penjualan berbagai bahan pokok kebutuhan masyarakat yang lokasinya sangat dekat dengan Jalan Umum, sehingga setiap hari selalu terjadi kemacetan ditambah lagi situasi Kiosnya sudah kelihatan kumuh.

Menanggapi persoalan yang ada, Pemerintah Kota Gunungsitoli melakukan berbagai tindakan terencana yakni dengan melakukan penertiban kios-kios pedagang di Pasar Beringin Gunungsitoli, Selasa 13 April 2021 kemarin. Dipimpin oleh Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si.

Sebelum pelaksanaan penertiban, kegiatan diawali dengan Apel pagi di halaman Kantor Satpol PP Kota Gunungsitoli, yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Gunungsitoli. dalam kegiatan penertiban tersebut turut didampingi oleh Sekda Kota Gunungsitoli, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kasatpol PP, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Camat Gunungsitoli, Lurah Pasar dan segenap jajaran instansi Pemerintah Kota Gunungsitoli lainnya.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Kasatpol-PP Kota Gunungsitoli Eko Arianto Zebua bahwa penertiban tersebut dalam rangka meningkatkan kenyamanan dan ketertiban para pedagang, karena sebulan yang lalu kita telah mengarahkan para pedagang ini ke bekas Terminal Lama tetapi mereka tidak mengindahkan, malah kembali lagi ke Pasar Beringin. Sehingga di sana kelihatan macet, arus lalulintas terganggu, banyaknya pedagang yang berjualan di Trotoar ada juga yang berjualan ditempat parkir dengan mengunakan Mobil Pick-up, jadi kita melakukan ini untuk kepentingan kita semua. Ujarnya

Lebih lanjut tutur Kasatpol, maksud dan tujuan kita supaya para Pedagang tertata dengan baik, terhadap penertiban ini, sesungguhnya sudah lama kita berikan peringatan dan himbauan. Kita juga telah siapkan tempat untuk pedagang ini direlokasi. Sehingga harapan kita Kota Gunungsitoli ini nyaman dan indah bagi semua pihak.

Senada dengan yang disampaikan Kasatpol-PP. Kadis Kominfo Kota Gunungsitoli, Onahia Telaumbanua, ST., MT bahwa penertiban dilakukan pada bangunan tambahan yang sangat menganggu, sebenarnya para Pedagang ini sudah disediakan tempat di bekas Terminal Lama dan lapak tempat berjualan juga sudah dibuatkan oleh Pemko namun mereka selalu saja kembali kelokasi semula dengan alasan ditempat yang baru kurang laku. Paparnya

Salah seorang warga pengguna jalan umum yang lewat dilokasi tersebut ketika diwawancarai mengatakan ” sudah selayaknya memang Pasar Beringin ini dipindahkan, sebab tempatnya yang sudah kumuh juga sangat menganggu masyarakat pengguna jalan umum karena pedagang sudah tidak teratur dalam berjualan apalagi yang ada di Trotoar. Kita juga sebenarnya berterimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli karena Pasar Nou sudah siap jadi kemungkinan Pedagang bisa berjualan di sana dengan rapi dan teratur serta nyaman. Sebenarnya Kota Gunungsitoli ini bang, tidak ada yang membuat indah kalau bukan masyarakatnya sendiri. Ujarnya dengan senyum (T Harefa)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top