Nias

Seragam Berganti Satpam IKIP Gunungsitoli Apresiasi Kepedulian Kapolri

Satpam IKIP gunungsitoli

Matabangsa.comGunungsitoli: Berubahnya seragam yang digunakan oleh Satuan Pengamanan (Satpam) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Gunungsitoli mulai pada hari ini, Jumat 16 April 2021 membuat semangat mereka dalam melaksanakan tugas semakin bertambah

Hal ini sangat terlihat jelas ketika media ini, mewawancarai salah seorang petugas Pengamanan yang ada disana. Dalam pemaparan yang disampaikan beliau bahwa dasar dari perubahan seragam dinas Satuan Pengamanan yakni tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa.

” Di masa kepemimpinan Mantan Kapolri Jenderal Idham Azis, salah satu hal yang membuat kami Satuan Pengamanan merasa diperhatikan adalah melalui peraturan ini. Sehingga dengan adanya perubahan seragam dinas, membuat wibawa Satuan Pengamanan menjadi lebih baik dan semangat melaksanakan tugas semakin termotivasi serta hal-hal lain ikut berubah”. Ujarnya

Perlu untuk kita ketahui bahwa seragam Satuan Pengamanan saat ini berwarna coklat dan mirip seperti seragam Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Dilengkapi dengan pangkat layaknya anggota Polri. Perkap tersebut sudah diundangkan sejak 5 Agustus 2020. Peraturan ini ditandatangani langsung oleh mantan Kapolri Jenderal Idham Azis

Dalam Perkap tersebut disebutkan ada lima jenis pakaian dinas satpam yang akan diatur. Kelima jenis pakaian dinas satpam yakni, Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Di mana, masing-masing jenis pakaian dinas itu dibedakan antara pria dan wanita (tanpa kerudung dan berkerudung). Seragam PDH, PDL Sus, dan PDL Satu semuanya berwarna cokelat. Perkap tersebut juga mengatur topi seragam satpam untuk PDH yang mirip dengan polisi. Bahkan, dalam perkap tersebut juga diatur pangkat untuk para satpam menjadi tiga golongan, mulai dari manajer, supervisor, dan pelaksana.

Tiap golongan memiliki tanda kepangkatan berbentuk segitiga dengan warna yang berbeda. Untuk pangkat pelaksana berwarna putih, lalu untuk pangkat supervisor berwarna kuning, dan pangkat manajer berwarna merah.

Perkap itu juga mengatur soal berakhirnya masa tugas Satpam. Terdapat beberapa hal yang diatur, salah satunya, karena telah mencapai batas usia pensiun.Sebagaimana diatur dalam Pasal 31, batas usia satpam yang berasal dari perseorangan, yakni 56 tahun bagi pelaksana, 58 tahun bagi supervisor, dan 70 tahun bagi manajer.

Sebelumnya, Satpam berpedoman pada Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah. Aturan tersebut berbeda dengan yang sekarang. (T Harefa)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top