Olahraga

Dua Belas Raksasa Eropa Resmikan European Super League

European Super League

Matabangsa.com : Kompetisi Liga Super Eropa (European Super League) yang berisikan raksasa-raksasa sepakbola eropa hari ini (19/04) mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan atas kompetisi ini.

Dua belas AC Milan, Arsenal FC, Atlético de Madrid, Chelsea FC, FC Barcelona, FC Internazionale Milano, Juventus FC, Liverpool FC, Manchester City, Manchester United, Real Madrid CF dan Tottenham Hotspur akan bergabung sebagai klub pendiri, tiga klub lagi juga akan mendapat undangan bergabung sebagai klub pendiri sebelum kompetisi pertama dimulai.

Kedepannya, para Klub Pendiri berharap dapat melakukan pembicaraan dengan pihak UEFA dan FIFA untuk mencari solusi terbaik bagi Superliga ini dan bagi sepakbola dunia secara keseluruhan.

Pembentukan European Super League dilakukan ketika pandemi yang saat ini menciptakan ketidakstabilan sistem ekonomi sepakbola Eropa. Para klub pendiri juga memiliki target untuk meningkatkan kualitas dan intensitas pertandingan di Eropa diman para klub dan pemain terbaik akan lebih sering bertanding.

Para Klub Pendiri percaya bahwa solusi yang diajukan oleh pihak administrasi tidak dapat menyelesaikan masalah-masalah utama, yaitu pentingnya menawarkan pertandingan-pertandingan yang lebih berkualitas dan juga mendapatkan sumber daya keuangan tambahan bagi seluruh sepakbola dunia.

Format Kompetisi :

  • Akan turut berpartisipasi 20 klub, ke 15 Klub Pendiri dan lima tim tambahan yang akan lolos klasifikasi setiap tahun berdasarkan kinerja dari musim kompetisi sebelumnya ;
  • Seluruh pertandingan akan dimainkan diantara hari biasa, seluruh klub akan tetap berkompetisi di Liga nasionalnya masing-masing, sehingga jadwal kompetisi yang ada selama ini tetap berjalan dimana itu merupakan pusat dari kehidupan para klub ;
  • Musim kompetisi akan dimulai pada bulan Agustus dengan partisipasi dari klub-klub dalam dua grup yang masing-masing terdiri dari sepuluh tim, yang akan memainkan pertandingan leg pertama dan kedua ; tiga klub yang berada diurutan teratas di setiap grup akan otomatis lolos klasifikasi bagi babak perempat final. Klub-klub yang berada diposisi keempat dan kelima akan memainkan babak ‘play off’ dengan sistem dua pertandingan. Selanjutnya akan dimainkan ‘play off’ tambahan dengan dua laga mulai babak perempat final hingga babak final, yang akan dilangsungkan dalam satu pertandingan, diakhir bulan Mei, berlokasi ditempat yang dinilai netral.
  • Dalam waktu secepatnya, setelah dimulainya kompetisi bagi tim putera,
    akan dilangsungkan juga kompetisi yang sama bagi liga puteri, yang akan turut memberikan kontribusi bagi kemajuan dan perkembangan sepakbola puteri.

Sebagai kompensasi dari komitmen mereka, para klub pendiri European Super League akan menerima satu kali secara keseluruhan € 3,5 miliar yang akan hanya ditujukan bagi pelaksanaan rencana-rencana investasi infrastruktur dan mengkompensasi dampak dari pandemi COVID. 

Florentino Pérez, Presiden Real Madrid CF dan Presiden Superliga, menyatakan:

“Kami akan membantu sepakbola diseluruh level untuk menempati tempat yang selayaknya didunia. Sepakbola adalah satu-satunya olahraga global didunia dengan lebih dari 4.000 juta pendukung dan tanggung jawab kami sebagai klub-klub terbesar adalah memberikan respons atas keinginan para pendukung”.

Memberikan dukungannya bagi liga Eropa yang baru ini, Andrea Agnelli, Presiden Juventus dan Wakil Presiden Superliga menyatakan :

“Kami ke 12 Klub Pendiri mewakili ribuan pendukung diseluruh dunia. Kami telah bersatu disaat yang sangat kritis ini, agar kompetisi di Eropa mengalami transformasi, memberikan olahraga yang kita cintai ini satu landas an yang akan berkelanjutan bagi masa depan, peningkatan solidaritas yang cukup besar, dan memberikan kepada para pendukung dan para pemain amatir satu impian dan pertandingan-pertandingan berkualitas tinggi yang akan semakin memperkuat kecintaan mereka akan sepakbola”.

Joel Glazer, co Presiden Manchester United dan Wakil Presiden  Superliga, menyatakan :

“Dengan bergabungnya klub-klub dan para pemain terbaik dunia agar dapat saling bermain selama musim kompetisi, Superliga akan membuka bab baru bagi sepakbola Eropa, dengan memastikan satu kompetisi dan instalasi berlevel tinggi, dan dengan dukungan keuangan yang lebih besar lagi bagi tatanan pirámid sepakbola secara keseluruhan”.(wisnu)

Referensi : realmadrid.com

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top