Politik

DPRD Kota Medan Gelar Rapat Paripurna: Wali Kota Bobby Nasution Apresiasi Saran Fraksi dan Harapkan Pembahasan Ranperda RPJPD 2025-2045

matabangsa.com – Medan: DPRD Kota Medan menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Tanggapan Kepala Daerah terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan Tahun 2025-2045, yang berlangsung pada Selasa (02/07/2024) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Medan.

Rapat Paripurna ini dibuka oleh Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, S.E., didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H. Ihwan Ritonga, S.E., M.M., serta H. Rajudin Sagala, S.Pd.I. Rapat ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Medan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan, dan Camat se-Kota Medan. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan nota tanggapan Kepala Daerah yang disampaikan oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M., bersama Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, S.E.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bobby Nasution menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas saran serta masukan dari seluruh fraksi DPRD Kota Medan yang telah disampaikan dalam rapat paripurna sebelumnya. Bobby Nasution mengungkapkan harapan agar Ranperda tentang RPJPD Kota Medan Tahun 2025-2045 dapat segera dibahas dan disetujui oleh DPRD Kota Medan untuk menjadi peraturan daerah.

“Pemerintah Kota Medan sangat menghargai setiap masukan yang diberikan oleh fraksi-fraksi DPRD Kota Medan. Kami berharap Ranperda ini bisa segera dibahas lebih lanjut dan disetujui untuk kepentingan pembangunan jangka panjang Kota Medan,” ujar Bobby Nasution dalam penyampaiannya.

Bobby Nasution juga mengungkapkan pentingnya peran DPRD dan Pemerintah Kota Medan dalam merumuskan visi, misi, serta strategi pembangunan untuk memastikan pencapaian target Kota Medan sebagai bagian dari Indonesia Emas Tahun 2045. “Ranperda ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa pembangunan Kota Medan selaras dengan visi nasional menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” lanjut Bobby Nasution.

Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, dalam kesempatan yang sama juga mengungkapkan dukungannya terhadap proses pembahasan Ranperda ini. “Kami mendukung sepenuhnya proses pembahasan Ranperda ini dan berharap agar proses ini dapat berlangsung lancar sehingga RPJPD Kota Medan Tahun 2025-2045 dapat segera menjadi bagian dari regulasi yang mendukung pembangunan kota,” ujar H. Aulia Rachman.

Rapat Paripurna ini juga membahas beberapa isu terkait dengan RPJPD, termasuk strategi pembangunan yang mencakup perencanaan jangka panjang dan pencapaian sasaran pembangunan yang terintegrasi. “Pembahasan ini penting untuk memastikan bahwa setiap langkah pembangunan di Kota Medan dapat terencana dengan baik dan berkelanjutan,” kata Hasyim dalam sambutannya.

Selama rapat, para Anggota DPRD Kota Medan juga menyampaikan beberapa pertanyaan dan clarifikasi terkait dengan visi dan rencana implementasi RPJPD. Diskusi ini diharapkan dapat memperjelas berbagai aspek dari Ranperda yang akan dibahas lebih mendalam dalam tahap berikutnya.

Rapat ini diakhiri dengan penyerahan berkas Tanggapan Kepala Daerah oleh Wali Kota Medan kepada Ketua DPRD Kota Medan, sebagai simbolisasi dari komitmen untuk melanjutkan proses pembahasan Ranperda. “Dengan penyerahan berkas ini, kami berharap dapat segera melanjutkan pembahasan Ranperda ke tahap berikutnya,” kata Hasyim menutup rapat.

Kedepannya, DPRD Kota Medan dan Pemerintah Kota Medan diharapkan dapat bekerja sama dalam merumuskan peraturan yang mendukung pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Kota Medan.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top