Pendidikan

Fakultas Pertanian UISU Gelar Vaksinasi Untuk Mahasiswa dan Warga

vaksin uisu

matabangsa.com – Medan: Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di kota Medan. Dukungan itu ditunjukkan Fakultas Pertanian UISU dengan menggelar vaksinasi tahap 1 dan 2 bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar Jalan Karya Wisata Medan pada Jumat, (19/11/2021) dan Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan ini merupakan kerjasama UISU dengan Majelis Dakwah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), dengan melibatkan sebanyak 18 tenaga kesehatan dari Fakultas Kedokteran USU. Sedangkan sebanyak 300 vaksin dosis 1 dan 800 dosis 2 difasilitasi oleh TNI AU sebagai penyedia vaksin.

“Kegiatan vaksinasi tahap 1 dan 2 yang digelar ini untuk mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian serta masyarakat. Ini kita lakukan juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam percepatan vaksinasi guna menekan penyebaran Covid-19,” kata Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr Ir Murni Sari Rahayu MP usai meninjau pelaksanaan vaksin di kampus Jalan Karya Wisata Medan, Sabtu (20/11/2021).

Mewakili Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin MAP, dia mengingatkan kepada peserta walaupun sudah divaksin, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah dengan program 5 M berupa memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan mengurangi mobilitas. “Penerapan protokol kesehatan ini sangat penting agar kita terhindar dari paparan Covid-19,” tukasnya.

Baca Juga :   Bagi Calon Mahasiswa/i UTBK-SBMPTN 2020, Ini Alur Pendaftaran dan Persyaratannya

Dijelaskannya, vaksinasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di lingkungan UISU, sekaligus persiapan menuju semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

“Kami ingin agar mahasiswa selalu aman dan terlindungi selama berkegiatan di dalam maupun di luar kampus, sehingga bisa fokus untuk berprestasi dan berkontribusi bagi masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, vaksinasi ini merupakan misi bersama sivitas akademika UISU dengan para mitra untuk mempercepat terwujudnya herd immunity di lingkungan kampus.

Ketua panitia vaksinasi Dr Ir Diapari MP menuturkan, dalam pelaksanaan vaksinasi selama dua hari tersebut diterapkan protokol kesehatan.

“Sebelum memasuki area pengisian data, para peserta vaksin wajib mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. Masker juga harus senantiasa dipakai,” ujarnya didampingi Sekretaria Prodi Agribisnis Hj Henny Pratiwi SP MM.

Selanjutnya, kata Diapari, usai pengisian data masing-masing peserta akan dicek suhu badannya dengan thermogun. “Itu dilakukan sebelum memasuki area pemeriksaan kesehatan dan penyuntikan vaksin,” tukasnya.

Dia berharap dengan terlaksananya vaksinasi dosis pertama dan kedua ini akan menambah imunitas masyarakat dalam menghadapi pandemi ini.

Baca Juga :   Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus Bagi Paket Sembako Untuk Dengan Siswa Yatim Piatu dan Keluarga Kurang Mampu

Menurutnya, kegiatan itu berjalan lancar dan sukses berkat koordinasi yang baik antar program studi Fakultas Pertanian UISU dan bantuan dari MD KAHMI, Fakultas Kedokteran USU dan TNI AU.

“Jadi perlu diingat, walaupun sudah mendapatkan vaksinasi bukan berarti terbebas dari wabah Covid-19. Protokol kesehatan harus tetap dijalankan dan jangan sampai lengah,” pungkasnya.(dave)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top