Politik

Membangun Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat: Profil Saut Boang Manalu S.Th MM

matabangsa.com – Medan:  Dalam setiap perjalanan demokrasi, kehadiran individu yang peduli dan berkomitmen adalah kunci utama untuk memastikan keadilan dan transparansi. Saut Boang Manalu S.Th MM adalah salah satu tokoh yang memegang peran sentral dalam memperkuat sistem demokrasi di Indonesia. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman yang luas, dia telah menjadi pilar dalam upaya untuk mengedukasi dan menggerakkan masyarakat dalam proses demokrasi.

Pendidikan yang Menyeluruh: Perjalanan pendidikan Saut Boang Manalu dimulai dari SDN 2 030413 Salak pada tahun 1987-1993, dan melanjutkan ke SLTPN 1 Salak pada tahun 1993-1996. Dia kemudian menyelesaikan pendidikan menengahnya di SMKN 1 Berastagi pada tahun 1996-1999.

Pendidikan tingginya mengarah ke studi Teologi di Tarutung, lulus sebagai Sarjana Teologi pada tahun 2007. Dia juga melanjutkan pendidikan ke tingkat magister, meraih gelar Magister Manajemen dari Universitas Nomensen pada tahun 2011.

Pengalaman Kerja yang Luas: Sebagai anggota Bawaslu sejak tahun 2023, Saut Boang Manalu telah memainkan peran penting dalam memastikan integritas dan transparansi dalam proses pemilihan umum. Sebelumnya, dia juga terlibat dalam berbagai tingkat Bawaslu, termasuk sebagai anggota Bawaslu Phakpak Bharat dan Panwaslu Kecamatan Pakpak Bharat. Pengalamannya juga meliputi peran sebagai pemantau pemilu dan berbagai posisi dalam pendidikan dan media massa, termasuk sebagai dosen, koordinator, dan wartawan.

Peran dalam Organisasi: Selain keterlibatannya dalam pengawasan pemilu, Saut Boang Manalu juga aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan. Dia memiliki pengalaman sebagai Ketua DPC GMNI Taput, Wakil Ketua I Persat (Pertiba) Kabupaten Phakpak Bharat, dan berbagai posisi lainnya dalam LSM dan organisasi keagamaan. Keterlibatannya dalam berbagai organisasi menunjukkan komitmen yang kuat terhadap membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sosial dan politik.

Komitmen Terhadap Kebajikan Publik: Lebih dari sekadar jabatan atau gelar, Saut Boang Manalu adalah pemimpin yang mengedepankan kepentingan masyarakat. Dedikasinya untuk membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi dan pembangunan merupakan cerminan dari nilai-nilai kebajikan publik yang dijunjung tinggi.

Dengan pengalaman yang luas dan komitmen yang teguh terhadap prinsip-prinsip demokrasi, Saut Boang Manalu terus menjadi sosok yang memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat fondasi demokrasi di Indonesia. Dalam setiap langkahnya, dia membawa semangat untuk menciptakan perubahan positif dan memastikan bahwa suara rakyat didengar dan dihormati.(utho)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top