Politik

Mengukuhkan Fondasi Demokrasi: Profil Romson Poskoro Purba

matabangsa.com – Medan:  Di balik setiap proses demokrasi yang berhasil, terdapat individu yang berperan penting dalam memperkuat fondasi sistem demokrasi di Indonesia. Romson Poskoro Purba ST SH adalah salah satu figur yang memiliki komitmen kuat terhadap pengembangan demokrasi, dengan latar belakang pendidikan yang beragam dan pengalaman yang luas dalam bidang hukum dan pengawasan pemilu.

Pendidikan yang Diversifikasi: Perjalanan pendidikan Romson Poskoro Purba dimulai dari SDN 1079 Titi Bobrok di Medan, kemudian melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah di SMN 28 Asam Kumbang Sunggal dan SMA Swasta Eka Prasetya Medan. Dia meraih gelar sarjana dalam bidang Teknik Sipil dari Universitas Katolik Santo Thomas Medan pada tahun 2002, dan belakangan menyelesaikan gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Darma Agung pada tahun 2023.

Pengalaman Kerja yang Beragam: Sebagai anggota Bawaslu Sumut sejak tahun 2023, Romson Poskoro Purba telah memainkan peran kunci dalam memastikan proses pemilihan umum berlangsung secara adil dan transparan.

Sebelumnya, dia juga telah memegang berbagai posisi penting dalam pengawasan pemilu, seperti Ketua Bawaslu Toba dan anggota Panwascam Tampahan pada Pilkada tahun 2015. Pengalamannya juga meliputi peran sebagai pantarlih dan anggota berbagai komite pemantau pemilu, menunjukkan komitmen yang kokoh terhadap integritas demokrasi.

Peran dalam Organisasi: Selain keterlibatannya dalam pengawasan pemilu, Romson Poskoro Purba juga aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan. Sejak masa mahasiswanya, dia telah terlibat dalam koordinasi kemahasiswaan, sebagai anggota GMNI, dan memegang peran dalam berbagai organisasi seperti PBHI Sumut, PENA 98, dan PAGMNI Toba. Keterlibatannya dalam berbagai organisasi menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pembangunan masyarakat dan penguatan demokrasi.

Komitmen Terhadap Pembangunan Demokrasi: Lebih dari sekadar jabatan atau gelar, Romson Poskoro Purba adalah sosok yang memiliki visi yang jelas dalam memperkuat fondasi demokrasi di Indonesia. Dengan pengalaman yang luas dan komitmen yang teguh, dia terus menjadi sosok yang memberikan kontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang lebih demokratis dan berpartisipatif.

Dengan pengalaman yang luas dan komitmen yang kuat terhadap prinsip-prinsip demokrasi, Romson Poskoro Purba terus menjadi sosok yang memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat fondasi demokrasi di Indonesia. Dalam setiap langkahnya, dia membawa semangat untuk menciptakan perubahan positif dan memastikan bahwa suara rakyat didengar dan dihormati, menjadikannya teladan bagi pemimpin masa depan.(utho)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top