Politik

Pansus DPRD Kota Medan Bahas Ranperda Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman: Pastikan Kepatuhan dan Keadilan

matabangsa.com – Medan: Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Medan menggelar Rapat Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman pada hari Senin (08/07/2024). Rapat ini dilaksanakan di Ruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Medan dan dipimpin oleh Paul Mei Anton Simanjuntak, S.H., selaku Ketua Pansus.

Rapat ini dihadiri oleh Anggota Pansus DPRD Kota Medan serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kota Medan, serta Bagian Hukum Setda Kota Medan. Selain itu, hadir pula Pimpinan/Pengelola Griya Riatur, Pimpinan/Pengelola Citra Garden Medan, dan Pimpinan/Pengelola Komplek Tomang Elok.

Dalam rapat ini, Paul Mei Anton Simanjuntak menjelaskan tujuan dari pembahasan Ranperda adalah untuk memastikan bahwa penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman di Kota Medan memenuhi standar dan peraturan yang berlaku. “Ranperda ini penting untuk memberikan landasan hukum yang jelas dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman agar semua pihak, baik pemerintah, pengembang, maupun masyarakat, dapat berjalan sesuai dengan aturan,” ujar Paul Mei Anton Simanjuntak.

Salah satu agenda utama dalam rapat ini adalah membahas naskah akademik yang memuat pasal-per-pasal dari Ranperda tersebut. Rapat ini bertujuan untuk mengkaji setiap pasal dalam Ranperda agar tidak ada ambiguitas dan agar seluruh ketentuan yang ada dapat diterapkan secara efektif. “Kami harus memastikan bahwa setiap pasal dalam Ranperda ini sudah memadai dan dapat mengakomodasi semua aspek dalam penyelenggaraan perumahan serta kawasan permukiman,” kata Paul Mei Anton Simanjuntak.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kota Medan mempresentasikan beberapa aspek teknis dan regulasi yang diperlukan dalam Ranperda. Mereka memberikan penjelasan mengenai peraturan yang ada saat ini serta rekomendasi untuk perbaikan dalam Ranperda. “Kami berharap Ranperda ini bisa menjawab berbagai tantangan dalam pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di Kota Medan,” kata Kepala Dinas Perumahan Kota Medan.

Selain itu, Bagian Hukum Setda Kota Medan menyampaikan pandangan hukum mengenai Ranperda tersebut, memastikan bahwa semua ketentuan dalam Ranperda sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. “Ranperda ini harus memenuhi semua ketentuan hukum yang berlaku agar tidak menimbulkan sengketa di kemudian hari,” ujar Kepala Bagian Hukum Setda Kota Medan.

Rapat juga membahas masukan dari Pimpinan/Pengelola Griya Riatur, Citra Garden Medan, dan Komplek Tomang Elok mengenai praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan perumahan dan kawasan permukiman. “Kami menyarankan agar Ranperda ini juga mempertimbangkan praktik-praktik yang sudah terbukti efektif dalam pengelolaan perumahan,” kata salah satu perwakilan pengelola perumahan.

Paul Mei Anton Simanjuntak menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, pengembang, dan masyarakat dalam penyelenggaraan perumahan yang adil dan berkelanjutan. “Kami membutuhkan kerja sama yang baik antara semua pihak untuk mencapai tujuan Ranperda ini, yaitu menciptakan lingkungan perumahan yang aman, nyaman, dan teratur,” jelasnya.

Salah satu isu penting yang dibahas dalam rapat ini adalah penegakan aturan dan sanksi bagi pihak-pihak yang melanggar ketentuan dalam Ranperda. “Ranperda harus memuat sanksi yang jelas dan tegas untuk memastikan bahwa setiap pihak yang terlibat mematuhi peraturan yang ada,” ujar Paul Mei Anton Simanjuntak.

Rapat ini diharapkan dapat menghasilkan Ranperda yang komprehensif dan efektif dalam mengatur penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman di Kota Medan. “Kami akan terus melakukan pembahasan ini dengan seksama untuk memastikan Ranperda yang dihasilkan benar-benar memenuhi harapan masyarakat dan mendukung pembangunan Kota Medan yang berkelanjutan,” kata Paul Mei Anton Simanjuntak.(dave)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top