Politik

Relawan Amin Demo Kantor Bawaslu Sumut, Ini Kata Aswin Diapari Lubis

matabangsa.com – Medan: Puluhan orang dari relawan pasangan presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggelar aksi demo di Kantor Bawaslu Sumut Jalan Adam Malik Medan, Rabu (21/2/2024).

Dalam aksinya, mereka minta Bawaslu menindaklanjuti perihal dugaan kecurangan Pemilu yang terjadi.

Ketua Bawaslu Sumut Aswin Diapari Lubis yang melihat kantornya di demo puluhan orang keluar menemui para pendemo.

Aswin mengatakan, jika Bawaslu sebagai pengawas pemilihan umum telah melakukan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Yang menerima laporan di dalam koordinator divisi penanganan pelanggaran dan menampung seluruh laporan bilamana itu terkait pelanggaran pelaksanaan pemilu,” kata Aswin.

“Jadi Bawaslu Sumut tidak pernah menutup mata atau telinga terkait dengan persoalan yang timbul dari pelaksanaan pemilu,” lanjut Aswin.

Aswin menilai demo yang dilakukan oleh puluhan pendukung salah satu calon presiden adalah hal yang biasa dalam demokrasi.

Bawaslu Sumut sebut dia, akan terus bekerja menelusuri segala laporan tentang pelanggaran pemilu termasuk laporan yang disampaikan masyarakat.

“Bawaslu tetap menampung aspirasi masyarakat, karena bawaslu fungsinya mengawasi pemilu. Memang tupoksi yang di amanahkan undang undang maka kita harus melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan,” kata Aswin.

Terakhir, Bawaslu sebut Aswin memastikan akan menelusuri segala laporan yang disampaikan kepada pihaknya.

“Jadi aspirasi masyarakat ini kita sambut positif yang disampaikan itu hati nurani mereka yang mereka sampaikan di lapangan Bawaslu akan menerima laporan apabila ada bukti-bukti yang konkrit terkait laporan,” kata Aswin.

Sementara itu, Puluhan orang yang menyebut bagian dari relawan dan pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) Sumut menggeruduk kantor Bawaslu Sumut, Rabu (21/2/2024).

Pantauan wartawan, puluhan orang tersebut sebagian besar dari kalangan kaum ibu ibu. Pada bagian belakang kalender, para aksi massa menuliskan kata penolakan terhadap hasil pemilu. Seperti tolak pemilu curang, tolak hasil quickcount hingga menyebut KPU curang.

Dalam orasinya para pendukung menyatakan penolakan terhadap hasil Pemilihan Umum 2024. “Tolak pemilihan umum 2024 yang curang. Hanya karena kekuasaan mereka melakukan kecurangan. Tolak pemilihan umum curang,” teriak para pendemo.

Selain menyebut pemilu yang curang, para aksi massa juga meminta agar Bawaslu melarang hasil quickcount untuk dipublikasikan karena merupakan pesanan dari calon tertentu.

“Kami minta Bawaslu itu hasil quickcount dihapus saja, karena belum lagi pemilu hasilnya sudah ada. Itu hasil pesanan paslon tertentu,” teriak pendemo.

Saat yang sama, beberapa perwakilan tim hukum Amin bertemu dengan perwakilan komisioner Bawaslu.

Mereka membawa dokumen yang disebut merupakan data terkait kecurangan pemilu yang akan disampaikan ke Bawaslu Sumut.(utho)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top