MataBangsa

Sambut Tim BPK RI, Bupati Harap Sergai Kembali Raih WTP

Matabangsa-Sei Rampah: Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menyambut kedatangan Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam rangka pemeriksaan internal atas laporan keuangan Pemeritah Daerah Kabupaten Sergai T.A. 2019 yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (20/1/2020).

“Sesuai dengan surat tugas BPK RI perwakilan Provinsi Sumut Nomor: 15/STP/XVIII.MDN/I/2020 tanggal 13 Januari 2020, Tim Pemeriksa BPK RI akan melaksanakan pemeriksaan internal atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sergai T.A. 2019 selama 25 hari,” kata Bupati seperti yang dibacakan oleh Sekdakab Sergai.

Kilas balik ke belakang, Bupati menyebut tahun lalu Kabupaten Sergai berhasil memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. “ Kami mengucapkan terima kasih kepada BPK RI yang telah melaksanakan pemeriksaaan dan memberi opini WTP kepada Pemkab Sergai,” kata Bupati.

Opini WTP tersebut, lanjut Bupati, adalah hasil kerja keras dan kerja tim seluruh OPD se-Kabupaten Sergai. Hal-hal yang menjadi pengecualian seperti aset, piutang PBB dan masalah lainnya dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu, katanya.

Bupati berharap hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemkab Sergai tahun ini sama baiknya dengan tahun lalu bahkan agar ditingkatkan lebih baik lagi.

Sebagai penutup, Bupati Soekirman mengeluarkan perintah terkait pemeriksaan internal BPK RI ini agar Kepala OPD, Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran serta semua pihak terkait untuk bekerjasama dengan baik bersama tim Pemeriksa BPK RI dan memperhatikan hal-hal penting.

Hal-hal penting tersebut adalah agar seluruh pihak terkait tidak meninggalkan tempat tugas kecuali ada urusan yang sangat penting dan harus seizin pimpinan. Selanjutnya OPD harus mengirimkan pegawai yang kompeten di bidangnya untuk koordinasi dengan tim BPK RI. Lalu data atau dokumen yang dibutuhkan dalam rangka pemeriksaan internal diserahkan kepada tim pemeriksa BPK RI dengan lengkap dan tepat waktu.

“Terakhir apabila pada saat pemeriksaan terdapat temuan yang menurut saudara perlu didiskusikan dengan tim BPK RI agar segera didiskusikan pada saat tim masih melaksanakan pemeriksaaan dengan membawa data, dokumen, peraturan dan bukti terkait, jangan menunggu pemeriksaaan selesai,” tutup Soekirman.

Sementara itu Ketua Tim BPK RI, Ester Paulina br. Hutapea, SE, dalam sambutan singkatnya menyebut selama 25 hari ke depan dirinya dan tim akan melakukan pemeriksaaan internal terhadap kas, aset tetap, belanja barang-jasa dan belanja modal. “Kami berharap agar perwakilan BPK RI dan Pemkab Sergai dapat menjalin kerjasama yang baik agar pemeriksaan ini berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Inspektur dan para Kepala OPD,  para Camat se-Sergai, serta Bendahara Pengeluaran OPD.

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu Bupati Sergai Ir H Soekirman yang didampingi Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP dan Inspektur Sergai H Gustian SE, MM, Ak, menerima Tim BPK RI di ruang kerja Bupati Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. (MC Sergai/vivi/dave)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top