Politik

Sutarto Minta Tingkatkan Sosialisasi PON XXI ke Masyarakat Luas

matabangsa.com – Medan: Ketua DPRD Sumatera Utara, Sutarto mendorong pemerintah provinsi Sumatera Utara, PB PON , secara massif dan terukur , melakukan sosialisasi, di masyarakat terkait penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut.

Hal tersebut disampaikan Sutarto, tatkala mengikuti Rapat Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 bersama Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Kemenpora, yang langsung dipimpin Pj. Gubernur Sumut, di rumah dinas jalan Jenderal Sudirman, Sumut, Kamis (27/6/2024) malam.

Menurut Sutarto, pagelaran PON XXI belum menjadi topik perbincangan hangat di masyarakat. “Suasana di masyarakat , PON ini belum menjadi diskursus, oleh karena itu kami mendorong ditingkatkannya sosialisasi kepada khalayak luas, baik melalui media meinstrem, media digital dan media lain, katanya.

Sutarto juga meminta pelibatan masyarakat secara aktif melalui sektor UMKM. “Agar dampak ekonominya juga dirasakan oleh masyarakat luas khususnya Sumatera Utara,” ungkapnya.

Sutarto, menyampaikan, DPRD Sumut melalui Komisi E secara simultan melakukan kunjungan untuk mengawasi, ke venue-venue PON XXI.

“Bahkan juga komisi E telah berkunjung ke Aceh. Terakhir, kami berkonsultasi ke Kemenpora dalam rangka mensukseskan PON XXI Sumatera Utara,” tambahnya.

Dalam kunjungan-kunjungan itu, kata Sutarto ada hal yang menjadi catatan bersama, terkait persiapan sarana dan prasarana PON XXI.

“agar dilakukan percepatan pembangunan beberapa venue dan yang menyebar dibeberapa Kab/Kota, secara khusus percepatan penyelesaian Stadion Madya di Desa Sena Batang Kuis,”ucapnya.

Sutarto yang juga sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumut , Provinsi Sumatera Utara berlaga pads beberapa cabor.

“Oleh karenanya, agar persiapan atlit dari masing-masing cabor juga harus dipersiapkan dengan baik untuk meraih prestasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengatakan kesuksesan penyelenggaraan PON menjadi tanggung jawab bersama.

“Tinggal 73 hari lagi, ini salah satu bentuk komitmen dan keseriusan kita bersama, agar PON 2024 berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Fatoni.

Fatoni menyebut langkah-langkah percepatan, persiapan PON XXI Tahun 2024, di antaranya langkah strategis yang detail, perkuat komunikasi, koordinasi , jujur dan terbuka serta masifkan sosialisasi ke masyarakat, sehingga masyarakat mendapat manfaat dari penyelenggaraan PON di Sumut. Selain itu, ia juga meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memfokuskan anggaran untuk PON XXI.

“Fokuskan anggaran ke PON 2024, mana yang tidak urgent bisa direfokusing ke PON, karena ini menyangkut nama baik dan kehormatan Sumut, nama baik Indonesia,” ucap Fatoni.

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top