Medan

Vaksinasi Medan Sukses, Panglima TNI & Kapolri Rutin Monitor Covid-19

panglima TNI

Matabangsa.comMedan Bersyukurlah kota Medan, sejak dipimpin Wali Kota Medan H Bobby Nasution, serbuan vaksinasi untuk masyarakat secara rutin dilakukan jajaran hankam (pertahanan dan keamanan) negara. Terbukti Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara periodik melakukan  monitoring di Medan Sumatera Utara.

Tercatat Panglima TNI dan Kapolri langsung melakukan monitoring vaksinasi Covid-19 mulai 7 April 2021 di Bandar Udara Polonia Medan tanpa turun kendaraan. Kunjungan itu menyaksikan vaksinasi drive-thru merupakan kerjasama Pemko Medan dan Halodoc,

Empat bulan, pastinya, Sabtu 14 Agustus 2021, Panglima TNI dan Kapolri berkunjung ke isolasi terpusat (isoter) Kota Medan di Eks Hotel Soechi.

Sebulan kemudian, Jumat 17 September 2021, Panglima TNI dan Kapolri melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan dalam rangka perccpatan  vaksinasi di Pasar Induk Lau Chi Kecamatan Medan Tuntungan.

Dua bulan kemudian, 3 November 2021, Panglima TNI dan Kapolri melakukan rapat koordinasi dengan forum koordinasi pemerintah daerah kabupaten/kota sekaligus mengantisipasi lonjakan covid-19 di wilayah  Medan sekaligu menyaksikan vaksinasi massal di Lapangan Benteng.

Baca Juga :   Pengusaha Advertising Mulai Bongkar Sendiri Papan Reklame

Bahkan lebih spesial lagi, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di Lapangan Benteng Medan sekaligus menyapa warga yang divaksin, Rabu (3/11). Kegiatan vaksinasi ini merupakan kerjasama antara TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah. Vaksinasi dosis 1 ini ditargetkan diikuti 47.200 peserta.

Lokasi vaksin tersebar pada 14 titik wilayah Sumatra Utara. Vaksinasi juga dilakukan secara door to door di tiga kecamatan.

Panglima dan Kapolri didampingi Gubsu dan Sekda Medan mendatangi setiap meja vaksinator untuk memastikan vaksinasi ini berjalan dengan baik.

Percaya atau tidak, karena pengawasn yang rutin dan terus menerus malakukan monitoring maka penurunan penyebaran virus COvid-19 bisa dirasakan kini.

Pengawasan vaksinasi  juga dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution yang rajin meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk pelaku UMKM, dosen, mahasiwa, dan masyarakat yang digelar Otoritas Jasa Keuangan di Gedung H. Anif Unimed, pada Kamis (11/11).

Bobby Nasution tiba di lokasi siang menjelang sore. Kedatangannya disambut oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. Selanjutnya, mereka mendatangi satu per satu tenaga kesehatan yang menjadi vaksinator dalam kegiatan itu.

Baca Juga :   Kacab I PD Pasar Gotong-royong di Pasar Sambas

Selain itu, Bobby Nasution juga berdialog dengan beberapa mahasiswa dan pelaku UMKM yang mengikuti vaksinasi itu. Dalam perbincangan itu, Bobby Nasution tidak luput mengingatkan agar mereka tetap menerapkan protokol kesehatan kendati telah divaksin.

Kegiatan vaksinasi ini dijadwalkan berlansung mulai Kamis 11 November sampai 12 November. Dalam kegiatan ini OJK telah menyiapkan 1000 dosis untuk disuntikkan kepada pelaku UMKM, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Bobby Nasution mengapresiasi kegiatan vaksinasi ini. Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini kekebalan komunal bisa cepat tercipta dan cakupan warga  yang divaksin semakin luas.

Seperti disampaikan pejabat kesehatan Medan, angka penyebaran Virus Covid-19 di Kota Medan terus menurun bahkan laporan dalam beberapa hari ini Medan Zero (Nol) orang yang terinfeksi atau terpapar virus tersebut.

“Selain menggiatkan Vaksinasi Covid-19 secara intens juga memberlakukan protokol kesehatan serta PPKM Skala Mikro d itempat keramaian di kota Medan,” ucap Plt Kadinkes Kota Medan, Dr Mardohar Tambunan kepada wartawan, Senin (22/11/21), seusai menghadiri RDP dengan Komisi II DPRD Medan.

Baca Juga :   Dalam Rangka Jum'at Barokah Ketua Pewarta Santuni Ratusan Anak Yatim Terdampak Covid-19

Dikatakanya saat ini Medan berada pada level II, di mana pihaknya terus ditingkatkan pada Level I dimana ada beberapa pertimbangan yang harus dilalui satu diantaranya vaksinasi. “Jadi kita mengimbau warga untuk melaksanakan vaksinasi termasuk terhadap pelajar,” ujarnya.

Masih menurutnya, pihak Dinas Kesehatan Kota Medan senantiasa berkordinasi dengan instansi terkait termasuk upaya pencegahan masuknya Virus Covid19 varian Delta.

Pencegahan dan pendeteksian dini bagi warga Medan dari melakukan perjalanan keluar negeri dilakukan pengecekan kesehatan dan isolasi termasuk ditempat keramaian.

Disebutkannya dengan tingkat kesadaran dan kedisplinan ditengah masyarakat dalam melaksanakan Prokes maka angka Covid19 bisa ditekan.

Selain itu juga, Mardohar mengimbau warga tidak bepergian keluar kota kecuali ada keperluan mendesak atau penugasan pada menjelang akhir tahun agar penularan Covid19 segera berakhir.(dave)

x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x x 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top