Gunungsitoli

Wali Kota Gunungsitoli Launching Bantuan Beasiswa Bagi 100 Mahasiswa Universitas Nias

Matabangsa.com – Gunungsitoli: Peringati hari jadi Kota Gunungsitoli Ke-346 bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli, Sabtu 6 April 2024. Program baru Walikota Gunungsitoli memberikan secercah harapan bagi Pemuda/Pemudi yang ada di Kota Gunungsitoli. Hal ini sangat terdengar jelas ketika Sowa’a Laoli, SE.,M.Si memberikan sambutan diacara tersebut.

Mengawali sambutannya, Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa Pelaksanaan peringatan hari jadi Kota Gunungsitoli didasari atas peraturan daerah Kota Gunungsitoli nomor 2 tahun 2021 tentang hari jadi Kota Gunungsitoli, yang setiap tahunnya diawali dengan sidang Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli yang telah terlaksana tadi pagi, dan saat ini dilanjutkan dengan pelaksanaan hari jadi Kota Gunungsitoli ke-346. Perayaan ini pada hakekatnya dilakukan merupakan momentum strategis dalam merefleksikan sejenak upaya-upaya cita luhur pembentukan Kota Gunungsitoli, kita menyadari sepenuhnya bahwa upaya yang sudah dilakukan sesungguhnya masih jauh dari harapan kita semua. Namun demikian kita berkeyakinan bahwa arah dan landasan pembangunan yang sudah diletakkan mampu kita lanjutkan bersama dalam mewujudkan daya saing daerah dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Gunungsitoli.

Kita patut bersyukur bahwa proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pelayanan sosial kemasyarakatan dapat terlaksana dengan baik. Mencermati dampak perekonomian global yang turut berimbas kepada daya beli masyarakat yang salah satunya mempengaruhi kemampuan masyarakat dalam menyekolahkan putra/putrinya hingga perguruan tinggi mendasari hal tersebut pemerintah Kota Gunungsitoli melalui HUT Kota Gunungsitoli ke-346 selain meneruskan program beasiswa bagi siswa miskin ditingkat SD dan SMP pada tahun ini pemerintah Kota Gunungsitoli melaunching pemberian beasiswa berkelanjutan kepada 100 putra/putri Kota Gunungsitoli yang melanjutkan pendidikan khusus di Universitas Nias

Selain pemberian beasiswa beberapa kegiatan prioritas tahun 2024 diantaranya pembangunan sarana dan prasarana pada bidang pendidikan dan kesehatan. Peningkatan struktur jalan utamanya pada wilayah yang terisolir, pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal pada bidang pertanian dan perikanan. Tentu dalam rangka peningkatan produktivitas serta percepatan penurunan stunting dan kemiskinan. Diakhir sambutannya Sowa’a Laoli, SE., M.Si mengucapkan peribahasa Nias “lo sendroro sitenga sokho, lo sangehao sitenga khonia”.

Mendapat perhatian yang sangat besar dari pemerintah Kota Gunungsitoli, Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli atas kepercayaannya memilih Universitas Nias sebagai mitra pendidikan. Pemberian beasiswa ini adalah sebagai bentuk kontribusi nyata Pemko Gunungsitoli dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul di Kepulauan Nias tercinta. Dengan adanya beasiswa untuk 100 Mahasiswa ini, Rektor Universitas Nias berharap bahwa Mahasiswa yang akan menerima dapat membawa dampak perubahan positif dan menjadi inspirasi bagi Bangsa dan Negara. Tentu saja dalam pembagian beasiswa ini akan dilakukan seleksi guna mendapatkan pemerataan dan transparansi menuju generasi unggul sesuai dengan harapan Universitas Nias, Center of Excellence.

Hadir dalam acara tersebut para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Sekepulauan Nias, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Gunungsitoli. Anggota DPRD Propinsi Sumatera Utara, Ketua DPRD Se- Kepulauan Nias, Rektor Unias dan Wakil Rektor I, II, III, IV beserta Kabiro, Sekretaris Daerah beserta Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda Kepala Perangkat Daerah Beserta Camat, Pimpinan Partai Politik Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan dan Organisasi Pemuda Se-Kota Gunungsitoli, Pimpinan Instansi Vertical, UPTD Cabang Dinas Propinsi Sumatera Utara, BUMN dan BUMD Se-Kota Gunungsitoli. Ketua Tim Pengerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Gunungsitoli. Para Kepala Desa dan Lurah Se-Kota Gunungsitoli. Tokoh Masyarakat, Agama Budayawan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda Se-Kota Gunungsitoli. (Trisman Harefa)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

To Top